Diskusi Santai AMPPIBI Bertema Siapa dan Bagaimana Sih Calon Pemimpin Banyuwangi Masa Depan, dari Kacamata Pelaku UMKM? (Foto: Afid/BWI24Jam)
BWI24JAM.CO.ID, Banyuwangi - Sekelompok pelaku UMKM yang tergabung dalam Asosiasi Marketing Digital, Pengusaha dan Petani Inovatif Banyuwangi atau AMPPIBI menggelar diskusi, pada Rabu (24/01/2024) malam.
Mereka saling bertukar pendapat mengenai perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM dan marketing digital di Kabupaten Banyuwangi.
Acara diskusi yang dikemas secara santai sambil ngopi itu berlangsung guyub yang bertempat di Moca Coffee Griya Agus Salim Residence.
Ali Ruchi, salah satu tokoh di kalangan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, turut hadir dalam acara tersebut.
Menurut Ali Ruchi, seluruh produk-produk UMKM penting untuk meningkatkan kualitas produk UMKM melalui proses Quality Control (QC).
"Proses QC itu sangat penting untuk menjaga kualitas suatu produk sehingga nillai jualnya akan tinggi," ujar Ali Ruchi.

Seiring dengan kemajuan zaman, Ali Ruchi menekankan bahwa UMKM perlu mengadopsi strategi pemasaran yang kreatif dan berfokus pada branding produk lokal.
Masih Ali Ruchi, target pasar juga mempunyai andil besar untuk berkembangnya UMKM. Termasuk daya tarik pasar sehingga mampu mendatangkan wisatawan dari luar kota.
"Contohnya orang Jakarta ke Banyuwangi bukan McD atau KFC yang dicari. Di sana banyak. Tapi ketika orang Jakarta ke Banyuwangi kita bawa ke pengolahan kopi seperti di Kemiren khas kearifan lokal, mereka senang," terangnya.
Dari jalannya diskusi santai ini, menciptakan gambaran mengenai calon pemimpin Banyuwangi masa depan dari perspektif pelaku UMKM.
Tema acara "Siapa dan Bagaimana Sih Calon Pemimpin Banyuwangi Masa Depan, dari Kacamata Pelaku UMKM?" menghasilkan ide-ide segar tentang kepemimpinan yang mampu mendukung dan mengembangkan sektor UMKM secara lebih baik. (rq)

