
BWI24JAM,BANYUWANGI. -PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan permohonan maaf atas adanya gangguan perjalanan kereta api yang terjadi di wilayah Daop 9 Jember akibat tingginya curah hujan sehingga mengakibatkan banjir pada Kamis (03/11/22) malam.
“Kami atas nama Manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir yang menggenangi jalur kereta api lintas Mrawan - Kalibaru, Kab. Banyuwangi,” ujar Plt. Manager Hukum dan Humas Daop 9 Jember Azhar Zaki Assjari.
Jalur kereta api lintas Mrawan – Kalibaru, tepatnya pada km 36 s.d km 37 hingga pukul 22.00 genangan air sudah surut, atau berada di bawah kop rel. Banjir yang merendam sejumlah ruas jalur rel tersebut merupakan dampak dari meningkatnya debit aliran sungai dan tingginya curah hujan di wilayah utara Kalibaru .
Akibatnya, untuk sementara waktu lokasi tersebut belum dapat dilalui kereta api. Kereta Api yang saat ini tertahan di Stasiun Kalisat adalah KA Tawangalun relasi Malang Kota Lama – Ketapang Banyuwangi. Setelah air surut dan tidak menggenangi jalur KA, akan segera dilakukan pemeriksaan dan perbaikan, dikarenakan adanya balas batu kricak yang gogos akibat terbawa arus air. Diperkirakan KA Tawangalun akan tertahan dan mengalami kelambatan kurang lebih 180 menit.
Bagi penumpang KA yang akan naik dari Stasiun Kalibaru dan seterusnya kearah Stasiun Ketapang , yang sudah memesan tiket dan tidak melanjutkan perjalanannya dengan kereta api, dapat melakukan pembatalan melalui loket pembatalan yang terdapat di stasiun. Pembatalan tiket karena KA batal atau mengalami kelambatan lebih dari 60 menit, akan dikembalikan 100%.
Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_1
Para pelanggan yang terdampak telah kami hubungi seluruhnya, untuk menginformasikan terkait kondisi terbaru terkait perjalanan KA-nya. Info selengkapnya terkait perjalanan KA, pelanggan dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.
Zaki menambahkan, KAI saat ini tengah melakukan berbagai upaya untuk memulihkan perjalanan kereta api di lokasi tersebut. Penanganan dilakukan baik dari sisi pengaturan operasional KA maupun prasarana jalur KA.
“Kami berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA. Semoga cuaca segera membaik dan banjir segera teratasi agar jalur kereta api yang terdampak kembali normal serta perjalanan kereta api dapat beroperasi dengan lancar. Namun demikian untuk sampai saat ini wilayah Daop 9 secara umum dalam kondisi aman lancar dan terkendali, ”pungkasnya.