Kereta Api Blambangan Ekspres (Foto: KAI Daop 9/BWI24Jam)
BWI24JAM.CO.ID, Banyuwangi - Setelah sehari sebelumnya terdampak imbas rekayasa pola operasi akibat luapan air di lintas Semarang Tawang – Alastua, hari ini Kamis (30/10/2025) operasional perjalanan kereta api yang melintas di wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember berangsur normal.
Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro, menjelaskan bahwa seiring dengan upaya normalisasi jalur yang terus dilakukan oleh jajaran KAI dan berbagai pihak terkait, jalur kereta api kini sudah dapat dilalui dengan aman. Namun, untuk menjamin keselamatan perjalanan, masih diberlakukan pembatasan kecepatan pada beberapa lintas tersebut.
“Alhamdulillah jalur sudah kembali bisa digunakan. Saat ini pola operasi kereta api yang sebelumnya memutar sudah dihentikan, dan perjalanan berangsur kembali normal dengan pembatasan kecepatan sesuai kondisi lapangan,” ungkap Cahyo, Kamis (30/10/2025).
Meskipun pola operasi telah kembali normal, Cahyo menyampaikan bahwa masih terdapat beberapa dampak kelambatan kedatangan kereta api di wilayah Daop 9 Jember sebagai efek lanjutan dari perjalanan sebelumnya yang mengalami deviasi waktu. Hingga Kamis (30/10/2025) pagi, tercatat: KA Blambangan Ekspres mengalami kelambatan 265 menit, sedangkan KA Pandalungan mengalami kelambatan 156 menit.
“Kami memohon maaf kepada pelanggan atas keterlambatan yang masih terjadi sebagai dampak dari rekayasa perjalanan sebelumnya. Namun, seluruh perjalanan KA tetap kami jalankan dengan prioritas utama pada keselamatan dan keamanan pelanggan,” tambahnya.
Lebih lanjut, Cahyo menyampaikan kabar baik bahwa hari ini, Kamis (30/10/2025) perjalanan KA dari wilayah Daop 9 Jember dipastikan kembali berangkat tepat waktu, yaitu: KA Blambangan Ekspres relasi Ketapang – Pasarsenen akan berangkat dari Stasiun Ketapang pukul 15.45 WIB. Dan KA Pandalungan relasi Jember – Gambir akan berangkat tepat dari Stasiun Jember pukul 16.00 WIB.
“Ini menjadi tanda bahwa operasional di wilayah kami sudah mulai pulih. Kami tetap melakukan pemantauan intensif di lapangan agar seluruh perjalanan KA selanjutnya berjalan lancar dan tepat waktu,” jelas Cahyo.
KAI Daop 9 Jember juga mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk selalu memperbarui informasi perjalanan kereta api melalui Contact Center KAI 121, WhatsApp 0811-222-33-121, email cs@kai.id, serta akun media sosial resmi @KAI121 di Instagram, X, dan Facebook.
“Kami berterima kasih atas kesabaran dan pengertian para pelanggan setia KAI. Kami akan terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dengan tetap mengutamakan keselamatan, kenyamanan, dan ketepatan waktu perjalanan kereta api,” pungkas Cahyo. (rq)

